Senin, 28 September 2009

blog tutorial

blog tutorial


Hati-hati dengan link URL yang disingkat

Posted: 28 Sep 2009 05:33 PM PDT

Dalam beberapa posting terdahulu kang Rohman pernah membahas tentang adanya tool ataupun website yang bisa menyingkat URL atau link yang panjang menjadi singkat seperti tinyURL ataupun bit.ly serta yang lainnya. Tool seperti ini tentu saja sangat berguna apabila kita mempunyai alamat URL yang sangat panjang yang susah diingat atau memang ingin dirahasiakan, namun terkadang cara ini disalah gunakan oleh pihak-pihak tertentu.

Terkadang link yang disingkat ini digunakan untuk mengarahkan ke suatu website yang menyimpan kode jahat yang apabila kita klik link tersebut komputer kita akan terkena serangan. Jadi, hati-hati dengan link yang disingkat.

Hal pertama yang harus diingat adalah anda jangan sembarangan klik suatu link yang nyata-nyata telah disingkat. Selain itu sebenarnya ada cara yang lebih efektif, bagi penguna browser Firefox anda bisa menginstall add-on yang bisa memperlihatkan alamat URL asli dari sebuah alamat URL yang telah disingkat. Beberapa add-on firefox tersebut misalkan Long URL Please, LongURL Mobile Expander, Interclue, DeTiny URL Expander, Long URL Editor, dan lain-lain.

 

long URL

 

Bagi pengguna browser Internet Explorer, anda bisa menggunakan add-on Preview and Launch URL.

 

Dengan mengetahui alamat asli suatu link URL, maka tentunya kita bisa lebih berhati-hati agar tidak mengunjungi website yang berisi malicious code yang bisa merusak komputer yang kita gunakan.

 

Semoga bermanfaat!


0 komentar: