Minggu, 17 Januari 2010

blog tutorial

blog tutorial


Jadikan Komputermu Local Server

Posted: 17 Jan 2010 02:09 PM PST

Jika kita terlalu terpaku kepada suatu hal, kadang kita melupakan hal lain yang terkadang mungkin bermanfaat. Kang Rohman umpamakan seperti blogger yang telah terbiasa menggunakan mesin blogspot ataupun wordpress, kadangkala enggan untuk mempelajari hal yang lain dan menganggap bahwa yang biasa mereka lakukan adalah yang terbaik. Hal seperti ini terkadang membuat kang Rohman merasa sedikit heran akan fanatisme mereka yang dirasa sedikit berlebihan.

Menguasai berbagai pengetahuan, katakanlah mengusai tentang mesin blogger, wordpress, joomla dan lain-lain tidak akan membuat kita menjadi merugi. Untuk hal tersebut, yuk kita bersama-sama mempelajari akan banyak hal.

Hmmmm.. rasanya sedikit susah untuk memulai akan hal baru, namun tanpa ada permulaan maka semuanya tidak akan pernah berjalan dan sepertinya postingan ini sedikit agak rancu karena biasanya kang Rohman hampir selalu berkutat seputar tutorial blogger. Dari judul yang dipasang, dapat diketahui bahwa postingan ini akan menulis seputar Lokal Server, setuju atau tidak? ah, jika di ajukan pertanyaan pasti ada yang setuju dan tidak, mending langsung ditulis saja.

 

Apa maksud menjadikan Komputermu sebagai Local server?

 

Ada dari teman kang Rohman yang memakai mesin wordpress apabila ingin mengedit theme harus selalu terkoneksi dengan jaringan internet, padahal hal tersebut tidak harus di lakukan, kenapa? karena sebenarnya untuk hal seperti mengedit theme, testing theme baru, testing plugin dan lain sebagainya bisa di lakukan secara offline atau tidak harus tersambung dengan jaringan internet. Caranya yaitu dengan menjadikan komputer anda sebagai local server.

Bagaimana caranya agar komputer kita bisa menjadi local server? caranya anda harus menginstall Software Apache Server semisal Xampp, Wamp (untuk Windows), Mamp ( untuk Mac OS), atau Lamp (untuk Linux). Software tersebut biasanya adalah gabungan dari beberapa software seperti Apache, MySQL, PHP,  dan lain-lain.

Dengan terinstall nya software apache server di komputer anda, maka andapun dapat dengan mudah menginstall berbagai script web atau CMS semisal wordpress atau Joomla dan yang lainnya.

 

Beberapa Keuntungan menggunakan Local Server :

 

• Tidak memerlukan Koneksi Internet

Dengan menggunakan Local server anda benar-benar tidak memerlukan koneksi internet sehingga akan menghemat pengeluaran biaya internet.

 

• Loading Page Cepat

Loading page akan terasa lebih cepat di bandingkan dengan yang online, karena file-file yang di load memang ada dalam komputer.

 

• Sarana Testing

Beberapa CMS, katakanlah wordpress. Worspress terbilang sangat cepat perkembangannya, rilis antara versi yang satu dengan versi yang lainnya berselang waktu hanya dalam hitungan bulan, ada baiknya sebelumnya menggunakan versi terbaru anda melakukan testing terlebih dahulu menggunakan Local Server. Selain itu, testing theme atau template serta plugin layak pula untuk di lakukan.

 

Dan masih banyak keuntungan lainnya yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan Local Server.

Nantikan posting selanjutnya yaitu Cara Install Wordpress pada Local Server / Local Host.


0 komentar: