Jumat, 05 Februari 2010

blog tutorial

blog tutorial


Kiat Sukses mendatangkan Pengunjung dari Forum

Posted: 04 Feb 2010 10:23 PM PST

Banyak cara untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke blog anda, salah satu yang efektif adalah dari forum. Forum bukan hanya sekedar tempat untuk berdiskusi atau bertukar informasi, namun kadangkala bisa untuk menambah relasi anda dalam berbisnis serta merupakan penyumbang jumlah pengunjung yang potensial bagi website atau blog anda. Akan tetapi walaupun berpotensi sebagai penyumbang pengunjung, tetap saja perlu usaha yang maksimal yang harus anda lakukan.

Pada kesempatan kali ini Kolom Tutorial mencoba menuliskan beberapa Kiat Sukses Mendatangkan Pengunjung Dari Forum versi kang Rohman. Berikut kiat-kiat yang mungkin bisa anda pertimbangkan.

 

  • Carilah forum-forum yang memang sudah terkenal dan ramai dikunjungi, terlebih jika forum tersebut topik-topiknya masih berhubungan dengan isi dari website atau blog anda.
  • Jika anda anda adalah anggota baru, bersikaplah baik terhadap anggota yang telah lama. Jangan bersikap arogan dan berpikiran bahwa anda tidak kalah pintar dengan angggota yang telah senior di forum tersebut karena hal itu memungkinkan anda akan dikucilkan.
  • Di dalam room perkenalan, usahakan jangan langsung memasang link ke website anda dan mengajak anggota lain untuk mengunjunginya. Misal : "Salam kenal dari saya Rohman, yuk kunjungi website saya di http://kolom-tutorial.blogspot.com". Hal tersebut terkesan sebagai pesan spam dan kesan lain yang muncul adalah motivasi anda dalam bergabung dalam forum tersebut hanya untuk mencari trafik dan bukan untuk berdiskusi atau bertukar informasi, umumnya hal tersebut kurang disukai oleh banyak orang.
  • Rajin-rajinlah untuk mengikuti diskusi dalam topik-topik yang telah ada sehingga para anggota yang lain menjadi kenal terhadap anda.
  • Buatlah signature yang menarik perhatian, untuk membuat signature biasanya ada dalam panel profile anda. Jika diperbolehkan oleh peraturan yang ada dalam forum tersebut, buat link ke halaman website anda namun jangan terlalu banyak karena dapat dianggap spam dan berpotensi terkena banned oleh admin forum. Jika signature anda adalah dalam bentuk banner, janganlah memasang banner dengan ukuran segede gajah sedang hamil karena itu akan mengganggu pemandangan dan umumnya tidak disukai oleh banyak anggota forum terlebih oleh admin. Namun, banyak forum yang melakukan setting dalam membatasi banner signature sehingga anda tidak akan bisa mengupload banner yang ukurannya melebihi ketetapan yang sudah ada.
  • Jika keanggotaan anda dirasa sudah lumayan cukup lama, buatlah topik sendiri yang sekiranya menarik minat banyak anggota, misalkan topik tentang "Tips menaikan Alexa Rank" ( jika forum tersebut adalah forum tentang internet).
  • Jika topik yang anda tulis adalah sebuah tips, tulislah tips tersebut secara utuh dan lengkap jangan sepotong-sepotong. Misalkan : "Untuk menaikkan alexa rank tidaklah sulit, silahkan baca tipsnya di http://kolom-tutorial.blogspot.com/2008/10/tips-meningkatkan-alexa-rank.html". Hal seperti ini lagi-lagi bukanlah hal yang baik, dalam forum, anda terkesan hanya mencari trafik ke blog anda. Sebuah tulisan yang lengkap lebih memungkinkan untuk dibaca daripada memerintahkan orang lain untuk membuka halaman lain, dan jika tulisan tersebut dirasa berbobot kemungkinan akan banyak komentar yang masuk baik itu ucapan terima kasih, pujian, dukungan dan lain sebagainya. Apabila ada pertanyaan mengenai topik yang anda posting, silahkan jawab dengan baik, jawaban anda akan lebih mengukuhkan bahwa anda adalah benar-benar orang yang berpotensi sehingga apabila anda membuat topik lain akan diminati oleh banyak anggota. Sebuah link di signature rasanya sudah cukup mewakili website, atau jika ingin lebih tulis link pada akhir artikel lengkap anda, bukan artikel yang di potong.
  • Jangan terlalu bernafsu dalam me reply suatu posting, berilah kesempatan orang lain untuk ikut berdiskusi. Cari moment yang tepat untuk mereply adalah hal yang lebih bijaksana.
  • Tanamkan terlebih dahulu kesan baik terhadap anda, jangan jadi spammer, pengumpat anggota lain dan lain sebagainya yang dianggap negatif.
  • Topik yang unik dan khas serta dirasa akan sangat berguna bagi banyak anggota forum adalah hal yang harus anda pikirkan.

Bagaimana dengan Forum baru, apakah berpotensi mendatangkan pengunjung? untuk forum baru tentunya memerlukan sedikit waktu, namun sebelumnya anda harus jeli dalam mengira-ngira apakah forum tersebut akan berkembang atau tidak? ambil contoh KR Forum, jika anda berpikiran bahwa forum tersebut akan berkembang, maka anda tidak ada salahnya untuk bergabung secara dini. Alasan yang sedikit mengada-ada namun mungkin ada benarnya bahwa terkadang senioritas masih berlaku. Jika kita lebih dahulu menjadi anggota, maka kita lebih berani untuk membuat topik, lebih berani untuk menyapa sesama anggota, lebih berani untuk menyampaikan pendapat dan pikiran. Jadi, kenapa anda belum belum bergabung di KR Forum Big Grinmaksa mode on Rolling on the floor


0 komentar: